Search

Laman

Penyelesaian Tugas

Dalam Beberapa hari saja sudah banyak tugas yang harus aku kerjain, tapi cuma beberapa saja yang bisa aku posting untuk berbagi....
Diantaranya :

Membuat Makalah Tentang Perangkat Keras Komunikasi Data

Makalah
Perangkat Keras Komunikasi Data









 





 Disusun Oleh :
Yeha Dianty



 

Tugas Komunikasi data
STMIK GI MDP
2011

1.      Pendahuluan

Ketika skala operasi bisnis berkembang, timbul kebutuhan untuk mengumpulkan data dan menyebarkan keputusan di area geografis yang tersebar luas. Komunikasi data memungkinkan komputer melaksanakan tugasnya. Model dasar yang menggambarkan komunikasi antara manusia juga dapat berfungsi sebagai model untuk komunikasi data. Komunikasi data sangat penting bagi perusahaan sehingga manajemen jaringan yang baik yang didasarkan pada perencanaan merupakan suatu keharusan. Manajer jaringan adalah elemen kunci dalam program komunikasi data.
Komunikasi data adalah pergerakan data dan informasi yang dikodekan dari satu titik ke titik lain melalui peralatan listrik atau elektro magnetik, kabel serat optik (fiber optic cables), atau sinyal gelombang mikro (microwave signals). Istilah lain yang digunakan adalah teleprocessing, telekomunikasi, telecom dan datacom.
Seperti halnya komunikasi antar manusia, pesan komputer harus bergerak melalui suatu saluran. Banyak teknologi yang digunakan , tetapi yang umum adalah sirkuit telepon yang sma seperti yang digunakan untuk komunikasi suara. Misalnya satu saluran telepon standar dapat menyediakan 24 saluran. Agar sirkuit telepon dapat digunakan untuk komunikasi data, peralatan khusus harus disertakan pada tiap ujung. Alat tersebut dinamakan Modem (modulator-demodulator). Modem mengubah sinyal-sinyal elektronik dari peralatan komputer (terminal dan komputer) menjadi sinyal-sinyal elektronik dari sirkuit telepom, dan sebaliknya.

2.      Perangkat Keras Komunikasi

Untuk melakukan komunikasi data, diperlukan beberapa kebutuhan. Kebutuhan yang paling signifikan dan pertama kali harus diperhatikan yaitu kebutuhan perangkat keras komunikasi. Dalam makalah ini akan dibahas beberapa kebutuhan perangkat keras dalam komunikasi data. Perangkat keras yang dibutuhkan pada dasarnya adalah pengirim, sistem transmisi , dan penerima data.
Perangkat komunikasi yang digunakan antara lain:                        
a.  DCE (Data Communication Equipment)
Perangkat untuk menyalurkan informasi atau data antar lokasi yang berbeda
b.  DTE (Data Terminal Equipment)
Perangkat yang dapat mengirimkan dan/atau menerima isyarat data.

Kedua peralatan tersebut harus saling berhubungan dalam penggunaannya. Pengatur yang bertugas untuk menghubungkan kedua peralatan tersebut disebut DCCU (Data Communication Control Unit). Tugas DCCU antara lain:
a. Membentuk antarmuka antara sistem masukan, keluaran, bus, dan modem
b. Mengendalikan sinyal antarmuka modem dan konversi sinyal agar sesuai dengan antarmuka
c. Mengubah data yang akan dikirimkan menjadi serial maupun sebaliknya
d. Mengatur error recovery dengan mekanisme retry
e. Melakukan konversi sandi
f. Melakukan sinkronisasi karakter baik dengan cara start/stop bit maupun dengan karakter SYN
g. Melakukan pengujian kesalahan.

3.      Media Transmisi

Tadi telah disebutkan beberapa macam perangkat keras komunikasi. Setiap perangkat keras komunikasi pasti mempunyai infrastrukturnya masing-masing. Contoh media transmisi atau infrastrukturnya antara lain:
a.  Twisted Pair
Twisted pair adalah media transmisi yang paling banyak digunakan dikarenakan harganya yang terjangkau.

Gambar 2.2 Kabel UTP

b.  Coaxial Cable
Secara fisik, kabel koaksial mirip dengan kabel televisi. Kabel koaksial tidak hanya digunakan dalam jaringan komputer tetapi juga dalam bidang distribusi siaran televisi, transmisi telepon jarak jauh penghubung sistem komputer jarak pendek.


Gambar 2.3 Kabel koaksial

c.  Serat Optik
Serat optik tipis sekali, namun memiliki kemampuan tinggi memandu sebuah sinar optik. Serat optik terbuat dari jenis kaca dan plastik. Kelebihan serat optik dibandingkan dengan kabel-kabel lainnya adalah sebagai berikut:
·         Kapasitas bandwidth lebih besar
·         Atenuasi yang lebih rendah
·         Isolasi elektromagnetik
·         Jarak repeater yang lebih besar.


Gambar 2.4 Serat optik

d.  Wireless
Biasanya menggunakan gelombang mikro melalui antena atau suatu access point.

4.      Perangkat Keras

Macam-macam perangkat keras yang digunakan untuk melakukan komunikasi data dibagi-bagi menjadi beberapa bagian menurut fungsinya, antara lain:
a.  Terminal
Terminal adalah alat yang melayani proses input/output. Dalam menyampaikan data ke DCE dan DTE menggunakan salah satu cara berikut:
·      Asikron
Dengan menggunakan stop/start bit. Digunakan untuk terminal yang menerima data dalam bentuk karakter dan langsung berhubungan dengan manusia. Kecepatannya tidak begitu tinggi.
·      Sinkron
Blok data yang dikirim berupa berita (teks) yang terdiri dari atas sejumlah karakter. Kecepatannya tinggi.
·      Paket
Data dikirim dalam bentuk paket yang terdiri atas sejumlah bit yang telah ditentukan banyaknya. Kecepatan yang dimiliki tinggi dan digunakan apabila komputer disambungkan ke jaringan data (data network).

Beberapa macam terminal antara lain:
1.   Teletypewriter
Seperti mesin tik, mempunyai keyboard dan printer. Digunakan untuk saluran dengan kecepatan rendah. Tidak dapat diprogram dan biasanya tidak mempunyai buffer (memori penyangga).
2.   RJE (Remote Job Entry Teminal)
Untuk saluran berkecepatan tinggi, jumlah data yang ditransfer biasanya besar. Melakukan pekerjaan dengan sistem batch.
3.   Transaction Terminal
Digunakan untuk sistem enquiry, penjualan, dan sebagainya. Biasanya dikendalikan oleh komputer.
4.   Terminal Cerdas
Mempunyai kemampuan melakukan tugas-tugas sederhana.

b.  Komputer
Komputer dalam komunikasi data dibutuhkan untuk mengolah data secara cepat dalam sistem real time. Komputer pusat sering melayani sinyal terminal walaupun sebagian besar tugas telah diambil oleh DCCU sehingga dapat mengurangi efisiensi pengolahan data.
Terdapat tiga macam penggunaan central komputer yaitu:
1.      Stand alone
Bertugas melaksanakan komunikasi data yang tertentu seperti dengan beberapa macam terminal khusus dan dilengkapi dengan perangkat lunak komunikasi data.
2.      General purpose computer
Dengan penambahan perangkat keras tertentu, komputer ini dapat melayani komunikasi data terbatas.
3.      Front End Processor
Melayani semua kegiatan komunikasi data sedangkan pengolahan data diserahkan ke pusat.

c.  Transmission Lines
Supaya data dapat diterima oleh penerima diperlukan suatu media untuk membawa data tersebut. Medium tersebut dinamakan Saluran Transmisi (transmission lines). Pada dasarnya sistem transmisi dapat membawa data secara listrik atau elektro optik dan melalui satu kanal telekomunikasi. Kanal telekomunikasi merupakan saluran yang dipergunakan untuk membawa data dari sumber ke penerima.

d.  Modem
Singkatan dari Modulator – DEModulator, sesuai dengan fungsinya yaitu melakukan modulasi (merubah pulsa biner menjadi sinyal analog) dan demodulasi. Dalam komunikasi data selalu diperlukan sepasang modem yang masing-masing dipasang di pemancar dan penerima.
Dalam menentukan modem yang harus digunakan ada beberapa hal yang diperhatikan :
§  Laju transmisi data, (rendah, sedang, tinggi)
§  Mode komunikasi, (simplex : satu arah; half duplex : dua arah secara bergantian; Full duplex : dua arah bersamaan)
§  Sinkronisasi
§  Teknik modulasi, (Teknik Quadrature Aplitudo Modulation – QAM tergolong dalam Amplitudo Modulation – AM , Teknik Frequency Shift Keying yang tergolong dalam Frequency Modulation – FM, dan Teknik Phase Shift Keying yang tergolong Phase Modulation – PM)
§  Standar industri, (standar internasionl dikeluakan oleh Committee Consultative Internationale de Telegraphique et Telephonique

e.  Multiplexer

Fungsi multiplexer adalah membagi link menjadi bagian yang masing-masing verisikan informasi dari sumber yang terpisah. Prosesnya disebut multiplexing. Jadi multiplexing adalah penggabungan dua sinyal atau lebih untuk disalurkan ke satu saluran komunikasi.


Gambar 2.6 Komunikasi tanpa multiplexer


Gambar 2.7 Komunikasi dengan multiplexer



Macam-macam Multiplexing :
·         Ferquency Division Multiplexing - FDM; akan menumpuk sinyal pada bidang frekuensi. Data yang dikirim akan dicampur berdasarkan frekuensinya
·         Time Division MultiplexingTDM; pengiriman data dilakukan dengan mencampur data berdasarkan waktu sinyal tersebut dikirimkan dan digunakan untuk transmisi sinyak digital.

Alasan menggunakan multiplexer adalah sebagai berikut:
1.      Hemat biaya
2.      Memanfaatkan sumber daya se-efisien mungkin
3.      Menggunakan kapasitas saluran komunikasi semaksimum mungkin.

f.  Concentrator
Merupakan antar muka sejumlah terminal dengan saluran ke komputer pusat. Digunakan sebagai pengganti ataupun bersama-sama dengan multiplexer. Data yang diterima dikumpulkan dalam jumlah tertentu, baru kemudian disalurkan secara bersamaan ke tujuan. Sehingga Concentrator dapat membebaskan saluran komunikasi dari lalu lintas yag tidak bermanfaat, dan membebaskan komputer dari semua kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran berita tanpa salah (error free messages).
Tugas Concentrator :
§  Line servicing
§  Konversi kecepatan dan kode
§  Meratakan traffic
§  Error control
§  Memungkin ekspansi sistem tanpa perlu menggannggu pusat
§  Dapat mengganti jenis terminal dengan yang lebih efisien tanpa modifikasi pada pusat.

5.    Kesimpulan

Komunikasi data adalah pergerakan data dan informasi yang dikodekan dari satu titik ke titik lain melalui peralatan listrik atau elektro magnetik, kabel serat optik (fiber optic cables), atau sinyal gelombang mikro (microwave signals). Istilah lain yang digunakan adalah teleprocessing, telekomunikasi, telecom dan datacom.
Tiap-tiap perangkat keras mempunyai tugasnya masing-masing dan berkarakteristik khas. Untuk mendapatkan sistem komunikasi data yang baik sifat tiap hardware harus diketahui juga kemampuannya sehingga tiap komponen dapat saling bekerja sama.
Dalam sistem komunikasi data dikenal beberapa macam perangkat keras:
a.      Terminal
Merupakan alat yang melayani proses I/O, jadi merupakan penghubung antara manusia dengan mesin. Pemilihan terminal ditentukan oeh kebutuhan pada saat ini dan melihat perkembangan di masa datang.
b.      Komputer
Komputer atau prosesor yang dibutuhkan untuk sistem komunikasi data berbeda dengan prosesor untuk pengolah data. Banyak komputer dapat melayani kegiatan komunikasi data, asal saja perangkat keras dapat mengambil alih tugas yang kurang dapat dikerjakan secara efisien oleh prosesor tsb. Kebutuhan utama prosesor pada komunikasi data ialah mengolah data yang datang secara cepat dalam sistem real-time.
c.       Transmission Lines
Supaya data dapat diterima oleh penerima diperlukan suatu media untuk membawa data tersebut. Medium tersebut dinamakan Saluran Transmisi (transmission lines). Pada dasarnya sistem transmisi dapat membawa data secara listrik atau elektro optik dan melalui satu kanal telekomunikasi. Kanal telekomunikasi merupakan saluran yang dipergunakan untuk membawa data dari sumber ke penerima.
d.      Modem
Singkatan dari Modulator – DEModulator, sesuai dengan fungsinya yaitu melakukan modulasi (merubah pulsa biner menjadi sinyal analog) dan demodulasi.dalam komunikasi data selalu diperlukan sepasang modem yang masing-masing dipasang di pemancar dan penerima.
e.       Multiplexer
Penggabungan 2 sinyal atau lebih untuk disalurkan ke satu saluran komunikasi data sehingga terjadi efisiensi penggunaan saluran komunikasi.
f.        Concentrator (Pengumpul)
Merupakan antar muka sejumlah terminal dengan saluran ke komputer pusat. Digunakan sebagai pengganti ataupun bersama-sama dengan multiplexer. Data yang diterima dikumpulkan dalam jumlah tertentu, baru kemudian disalurkan secara bersamaan ke tujuan. Sehingga Concentrator dapat membebaskan saluran komunikasi dari lalu lintas yag tidak bermanfaat, dan membebaskan komputer dari semua kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran berita tanpa salah (error free messages).

Jadi dengan adanya keenam perangkat keras diatas proses komunikasi data akan terkendali terutama dalam keamanan data.

0 komentar:

Post a Comment